Mengenai Saya

Foto saya
Alam adalah karunia TUHAN untuk kita, oleh sebab itu meng-HARGAI alam berarti kita mengucap syukur atas karunia yang ada.
Google Yahoo Bing

Selasa, 23 Juli 2013

Lembaga Pemberdayaan Pemuda Papua Mandiri; Profil

Latar Belakang

Pemberlakuan Otonomi Khusus (OTSUS) bagi Provinsi Papua sebagaimana diatur dalam UU No 21 tahun 2001, pada dasarnya adalah pemberian kewenangan yang  lebih luas bagi Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat, Pemerintah Kabupaten/Kota se Papua dan seluruh rakyat papua untuk mengatur dan mengurus dirinya sendiri.
Dalam Kerangka Pemberdayaan masyarakat, UU No 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua, khususnya Pasal 42 dan pasal 43 memberikan Hak yang lebih  besar kepada masyarakat adat Papua untuk mendapatkan kesempatan diberdayakan oleh Pemerintah menjadi pelaku-pelaku ekonomi dengan pengertian yang seluas-luasnya.
Untuk itu diperlukan adanya satu wadah/ lembaga yang mampu menterjemahkan serta meng-singkronkan antara kebutuhan masyarakat dan hak masyarakat adat yang diberikan oleh Pemerintah.
Lembaga Pemberdayaan Pemuda Papua Mandiri (LP3M) merupakan lembaga cultural yang hadir untuk menjembatani antara masyarakat adat Papua dan Hak-haknya dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Tujuan

    Tujuan Umum
   
Lembaga Pemberdayaan Pemuda Papua Mandiri (LP3M) dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan dan melahirkan, serta menciptakan kader-kader bangsa yang memiliki ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berkepribadian Nasionalis, Demokratis, mandiri, Sejahtera, berbudi luhur, professional, dan bertanggung jawab.


           Tujuan Khusus

  1. Mendorong terciptanya peluang-peluang usaha mikro dan menengah;
  2. Mencetak Pemimpin-pemimpin muda yang professional, mandiri serta memiliki  mental Rohani dan Jasmani yang sehat dan beritegritas.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan intelektual anak-anak Papua (home schooling) serta pendidikan informal lainnya.
  4. Giat dalam Pelestarian Lingkungan Hidup;
  5. Memberikan Pendampingan Hukum dan keberpihakan terhadap Kaum Perempuan;
  6. Melindungi dan melestarikan kearifan budaya local.



Sasaran

Seluruh Masyarakat Papua, baik yang berada di daerah perkotaan bahkan sampai yang ada di pelosok pelosok daerah, dan bahkan yang berada di luar Papua bahkan Indonesia.


Prinsip -  Prinsip

LP3M menganut Prinsip-Prinsip :

1.    Pemberdayaan; yakni dengan segala upaya bekerja semaksimal mungkin untuk memajukan secara potensi maupun ekonomi kerakyatan untuk mewujudkan masyarakat Papua yang Mandiri secara ekonomi untuk mencapai kesejahteraan.

2.    Desentralisasi; Lembaga Pemberdayaan Pemuda Papua Mandiri Menerapkan otonomi Kepemimpinan disetiap jenjangnya, sehingga setiap Pengurus dan anggota berupaya memajukan Masyarakat Papua dengan Memperhatikan SDM dan daya dukung Lingkungan specifik lokasi.

3.    Edukatif informal; Sistem Kepemimpinan dalam Kelembagaan diterapkan dengan metode Piramida sehingga setiap Pengurus Lembaga di latih untuk bagaimana melihat kepentingan Rakyat. Untuk tujuan tersebut maka metode dalam merumuskan Program Kerja LP3M menggunakan metode LePSaS dengan analisis SWHOD. Selain internal educatife metod, untuk meningkatkan tingkat SDM di Kampung-kampung atau daerah terisolir, LP3M juga melaksanakan Pendidikan informal; dimana setiap anak usia sekolah yang belum mendapat kesempatan untuk sekolah dapat dihimpun dan di berikan Pelajaran dengan metode home schooling

4.    Pengkaderan; LP3M tetap berupaya untuk mem-promosikan dan mengorbitkan Kader-Kader Pemuda yang telah dinilai secara akdemis maupun spirituil untuk tampil sebagai calon-calon Pemimpin di Papua

5.    Menerapkan asas Good publick governance;


VISI  DAN  MISI

A.   Visi

Terbentuknya suatu Generasi Papua yang berdaya serta mandiri, Berkararkter serta ber-integritas tinggi menuju Papua  yang adil, makmur dan sejahtera.

B.   Misi

Mewujudkan Masyarakat Papua  yang :
  1. Merdeka dari kemiskinan dan keterbelakangan melalui pendidikan, pelatihan, penyediaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.
  2. Merdeka dari ketidakadilan dan penjajahan dalam bentuk apapun melalui supremasi hukum yang berkeadilan, dan hak asasi manusia.
  3. Merdeka dari ketergantungan dari penindasan oleh bangsa sendiri maupun bangsa-bangsa lain di dunia.
  4. Berjuang mewujudkan keadilan bagi kesejahteraan rakyat dengan mengembangkan prikehidupan yang adil, beradab, dan berbudaya.
  5. Berjuang mewujudkan persatuan yang nyata melalui kegiatan-kegiatan kepemudaan.
  6. Bekerja dengan sungguh-sungguh dalam melestarikan Alam sebagai Bentuk tanggung jawab kepada Tuhan atas anugerah yang melimpah.



Karakteristik KEGIATAN lp3m

Bentuk/ karakteristik kegiatan LP3M bersifat Pengembangan dan bukan Bantuan, sehingga setiap orang di dampingi untuk dapat mandiri dan mencapai sejahtera.  Hal ini sesuai dengan visi dan misi Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua yakni; “PAPUA BANGKIT, MANDIRI DAN SEJAHTERA”.


     ARAHAN KERJA LEMBAGA

HUKHAM

Memberi bantuan Hukum (Pendampingan) dan menyuarakan Pelanggaran HAM di Tanah Papua. Dalam Aktifitasnya membangun kerja sama dengan LBH, Ombusman, Komnas HAM dan kepada Lembaga Bantuan Hukum lainnya

PSDM

Pengembangan Sumber Daya Manusia lebih menekan pada kapabilitas (personally spesific job capabillty) seperti programer komputer, programer Software, mekanik dll.  TOT komputer – berkontribusi langsung dalam Penyelenggarakan Home Shooling

KSDA

Konservasih Sumber Daya Alam merupakan eksen kepedulian LP3M dalam upaya pelestarian Lingkungan Hidup dan juga wujudnyata kontribusi Generasi Papua terhadap Dunia. Sehingga melalui KSDA akan mendorong kegiatan Penanaman dan Pengelolahan lahan yang ramah Lingkungan, serta memberikan pertimbangan tehnis terhapa Analisis Danpak Lingkungan


PKM

Merupakan wujud Kepedulian terhadap Pengembangan Kesehatan Jasmani maupun Rohani di Tanah Papua.  Mencetak kader-kader kesehatan Masyarakat dan berkolaburasi dengan penyegahan TB, HIV-AIDS, Malaria, kedepan melalui PKM akan didorong berdirinya Klinik Pengobatan dan juga Klinik Konsiling Spiritual


HUMAS

Hubungan Kemasyarakatan merupakan wujud/ sosialisasi Lembaga dengan Masyarakat sosial/masyarakat adat. Melalui HUMAS akan ada kegiatan Pengembangan Minat dan Bakat al :
o   Music
o   Photographi
o   Kameramen (shooting)
o   Olah raga
o   Tarian Daerah
o   Pelestarian nilai-nilai Budaya lokal (kearifan lokal)
Kedepan didorong ada akan adanya Studio Foto, Rumah Produksi (film), sanggar-sanggar Tari budaya dan club olah raga (bola kaki, volley, Basket, Hokey, Futsal, dll)


PEK

Pengembangan Ekonomi Kerakyatan merupakan kontribusi Lembaga dalam Pembangunan Ekonomi Masyarakat Papua menuju Kemandirian.  Melalui Departemen/ Bagian/ Bidang ini akan berupaya mengontrol pemasaran omoditi lokal dan juga Pendistribusian kebutuhan Rumah Tanggah kepada Masyarakat.
Memberikan peluang dan kesempatan kepada mama-mama Papua untuk berpartisipasi/ berkompetisi dalam Pengembangan Ekonomi.
Melalui PEK akan mendorong berdirinya Koperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar